Nusantara Satu Info
Nasional

KPU Dorong Mahasiswa Jadi Pemilih Cerdas,  Jangan Sebagai Partisipasitif

Anggota KPU RI, Idham Kholik menyampaikan materi pada kuliah umum UIN Sulthan Saifuddin di Jambi. foto kpu.go.id.
Bagikan :

NSI.com – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) mendorong mahasiswa untuk menjadi pemilih cerdas, yakni memilih dengan penuh kesadaran dan sikap kritis. Sebagaimana dilansir dari laman kpu.go.id, anggota KPU RI, Idham Kholik, menyampaikan hal itu saat menjadi dosen tamu dalam kegiatan kuliah umum dan talkshow, dengan mengangkat tema “ Eksistensi Peran Mahasiswa dalam Menyukseskan  Pemilu 2024,” diselenggarakan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Saifuddin, di Jambi, pada Rabu (26/10/2022).

Idham mengapresiasi kesadaran berdemokrasi di UIN Sulthan Saifuddin, melalui inisiasi kuliah umum ini. Menurut dia, KPU tahun 2017 meluncurkan slogan ‘Pemilih Berdaulat Negara Kuat’, artinya ada kesadaran bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat.

“Kesadaran adalah hal yang sangat penting, esensial, krusial. Tanpa kesadaran, kita akan terjebak dalam partisipasi yang sifatnya prosedural atau demokrasi yang hanya mengkuantifikasi suara menjadi kursi, terjebak pada segala cara untuk memenangkan pemilu. Jadi, tema Eksitensi Peran Mahasiswa dalam Menyukseskan Pemilu 2024, dapat dikaitkan dengan kesadaran berdemokrasi adalah satu tema yang sangat tepat,” kata Idham di depan mahasiswa UIN Sultan Saifuddin yang juga dihadiri Anggota KPU Provinsi Jambi, Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Anggota Bawaslu Muara Jambi, Alumni Ushuluddin, para undangan, serta Dekan dan Wakil Dekan I, II, III UIN Sulthan Saifuddin, Provinsi Jambi.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI