Nusantara Satu Info
News PEMILU

Bimtek, Satukan Pemahaman dan Memperlakukan Seluruh Dokumen Bacaleg Dengan Sama

KETUA KPU Hasyim Asy’ari, Anggota KPU Idham Holik dan Yulianto Sudrajat didampingi Deputi Bidang Dukungan Teknis, Eberta Kawima dan Inspektur Utama, Nanang Priyatna menutup Bimbingan Teknis Tata Cara Pelaksanaan Verifikasi Administrasi Persyaratan Bakal Calon Anggota DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta Penggunaan Silon dalam Pemilu 2024 bagi KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, di Jakarta, Sabtu (27/05/2023).
Bagikan :

NSI.com – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI, belum lama ini menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), terkait ketentuan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang akan meengikuti Pemilu 2024. Sebagaimana dilansir dari laman kpu.go.id, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa, fungsi digelarnya bimtek,  agar seluruh ketentuan berkaitan pengajuan Bacaleg dapat dipahami sama oleh seluruh satker se-Indonesia. Oleh karenanya Hasyim meminta, agar satker sepulangnya dari bimtek memiliki pemahaman yang sama , dan memperlakukan sama seluruh dokumen yang masuk atau yang diunggah.

Guna memastikan peserta bimtek memiliki pemahaman yang sama, Hasyim menanyakan beberapa terkait materi bimtek, mulai syarat dokumen yang harus diserahkan partai politik dalam pengajuan bacalegnya, syarat bagi mantan terpidana, terkait legalisir ijazah, baik ijazah yang mengampu pendidikan di luar negeri, dokumen-dokumen yang harus diunggah ke KPU, dan masih banyak lagi. Hal ini ditanyakan Hasyim ke Anggota KPU Provinsi, Kab/Kota, hingga jajaran sekretariat dan operator Silon. Hasyim pun meminta, jika ada kendala atau masalah dapat dikoordinasikan ke tingkat lebih atas. “Kalau ada [kab/kota] kurang sinkron, tanya ke provinsi, provinsi tanya ke KPU Pusat,” kata Hasyim.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI