Nusantara Satu Info
Nasional PEMILU POLITIK

Hasyim : 89,91 Persen Bacaleg DPR BMS, Dilengkapi Pada Masa Perbaikan

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari memberi keterangan kepada media selepas upacara pelantikan di halaman Kantor KPU RI, Jakarta, Minggu (25/6/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA – Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menilai, banyak ditemukan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) masuk dalam kategori belum memenuhi syarat (BMS), karena waktu pendaftaran sangat terbatas, sehingga beberapa dokumen yang menjadi syarat belum dapat dilengkapi oleh pendaftar.
Partai politik mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang mereka usung ke KPU pada 1–14 Mei 2023, diikuti dengan tahapan verifikasi/penelitian berkas para pendaftar oleh KPU pada 15 Mei 2023 sampai dengan 23 Juni 2023.

“Dokumen persyaratan jumlahnya banyak. Ada surat pernyataan, berbagai macam surat pernyataan, kemudian surat keterangan yang harus diperoleh dari lembaga lain. Situasi pendaftaran (saat itu) pascalebaran, yang (artinya) waktu sangat terbatas untuk memenuhi,“ kata Ketua KPU RI saat ditemui di kantornya, Jakarta, Minggu (25/6), seraya menyebutkan, beberapa bacaleg yang belum memenuhi syarat karena dokumen-dokumen yang menjadi syarat belum seluruhnya dilengkapi, termasuk juga salinan ijazah yang dilegalisir, surat kesehatan, atau surat keterangan dari pengadilan.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI