Nusantara Satu Info
IKN NUSANTARA SAMARINDA

Unmul Ingin Ikut Berkontribusi Dalam Pembangunan IKN Nusantara

Rektor Universitas Mulawarman (Unmul) Dr IR Abdunnur MSi IPU. Foto: Istimewa
Bagikan :

NSI.com, SAMARINDA – Dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, universitas tertua di Kaltim ini  yakni Universitas Mulawarman (UNMUL) tak mau  ketinggalan, harus bisa mengisi dan mengambil peluang dengan berkontribusi dalam pembangunan IKN. Hal tersebut dikemukakan Rektor Dr Ir Abdunnur MSi IPU, pada Kamis (19/1/2023). Abdunnur menegaskan, Kolaborasi Unmul dan IKN, nantinya akan ditindaklanjuti dengan MoU antara Unmul dengan Otorita IKN, sebagaimana sebelumnya pernah dibahas dalam kunjungan/pertemuan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, pada 27 Desember 2022) lalu di Kampus Unmul Samarinda. “Unmul diminta melakukan kajian secara sosiologi dan psikologi,” ungkapnya.

Selain melakukan kajian sosiologi dan psikologi, Unmul, sambung Abdunnur juga akan mendorong agar pemerintah melakukan peningkatan SDM, khususnya, masyarakat di kawasan dan penyanggah IKN diantaranya :

  1. Bagaimana peningkatan kualitas SDM Unmul sendiri, termasuk lulusan yang siap pakai dan bisa bekerja di Ibu Kota Nusantara pada semua sektor, baik secara formal maupun informal.
  2. Unmul tentu memberikan kontribusi pemikiran, baik tentang bagaimana melakukan pemberdayaan masyarakat berbagai aspek untuk menyiapkan masyarakat mampu beradaptasi dan bersama-sama dengan Jajaran Otorita IKN, dalam membangun ekonomi kerakyatan di sekitar IKN. “Inilah sebetulnya yang menjadi prioritas Unmul dalam rangka mendukung pembangunan IKN Nusantara,” ujar Abdunnur.

“Masyarakat Lokal (Local People) tentu bisa diberikan peran yang positif dan ini perlu dikomunikasikan secara baik dan tepat agar mrekan bisa menjadi Liaison Officer (penghubung/pelaksana) dalam pemercepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara,” pungkasnya.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI