Nusantara Satu Info
IKN NUSANTARA Nasional

TNI AU Akan Bangun Radar dan Lanud di IKN Nusantara

Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya M Tony Harjono. foto istimewa.
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA – TNI Angkatan Udara (AU) rencananya akan membangun radar dan landasan udara di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang lokasinya terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Hal itu diungkapkan Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya M Tony Harjono, saat acara coffee morning, digelar pada Kamis (19/1/2023). “Yang pasti di sana, Koopsudnas membangun radar, ada landasan juga,” ujar Tony di Mako Koopsudnas.

Dijelaskan Tony, radar yang akan dibangun di IKN difungsikan untuk memantau pergerakan pesawat yang melintas di langit IKN, dan beberapa skuadron juga akan ditempatkan di IKN. “Kami TNI AU merencanakan yang terbaik untuk pertahanan udara khususnya,” kata Tony.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo menuturkan, pembangunan lanud baru itu akan menggeser 2 skuadron VIP/VVIP, yakni Skuadron 17 dan Skuadron 45 ke wilayah IKN. “Seperti kita ketahui bahwa Skuadron Udara 17 dan Skuadron Udara 45 adalah dua satuan yang mendukung kegiatan penerbangan Presiden dan Wakil Presiden,” kata Fadjar kepada awak media dalam Rapim TNI AU Tahun 2022 di Mabesau, di Jakarta, yang disampaikannya pada 4 April 2022 lalu.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI