Nusantara Satu Info
INTERNASIONAL Serba Serbi

Terungkap, Ternyata Ad 9 Titik Nol IKN Nusantara, Apa saja Fungsinya?

Titik nol kilometer di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang menjadi objek wisata dadakan. (Foto: iNews/Tsabita)
Bagikan :

NSI.com, BALIKPAPAN – Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ternyata tak hanya satu, seperti selama ini populer berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melainkan ada 8 titik lainnya, yang merupakan titik simpul dalam penentuan lokasi pembangunan.

Terkait hal tersebut, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur, Rozali Indra Saputra menjelaskan, sebenarnya ada 9 titik koordinat yang menjadi acuan jarak pembangunan infrastruktur di IKN. “Titik geodetik yang menjadi referensi sebagai titik simpul pembangunan fisik di IKN ada banyak. Yang satu itu terkenal karena pernah menjadi lokasi acara simbolik penyatuan air dan tanah dari seluruh Indonesia,” ujar Indra dalam media briefing di Balikpapan dikutip, Minggu (25/11/2022).

Lebih lanjut Indra menambahkan, Titik Nol IKN yang dikenal selama ini, adalah merupakan titik simpul untuk penentuan untuk menerik garis ke titik lokasi pembangunan Istana Negara di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Jalan utama yang ditarik dari Titik Nol lurus hingga Istana Negara dinamakan Jalan Sumbu Kebangsaan.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI