Nusantara Satu Info
HUKUM Nasional

Terkait Kasus Johnny Plate, Mahfud Ungkap Ada 985 Tower BTS 4G Mangkrak

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan ada sekitar 985 tower BTS 4G Kemenkominfo yang mangkrak selama di bawah pengawasan Menkominfo Johnny G Plate. (cnnindonesia/loamynoprizal)
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Poltik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan, bahwa buntut dari kasus korupsi yang menjerat Menkominfo Johnny G Plate menyebabkan ada sekitar 985 tower proyek base transceiver station (BTS) 4G Kemenkominfo dalam kondisi mangkrak, mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp8,32 triliun. Kondisi tersebut diketahui, ketika Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memeriksa keberadaan ratusan tower BTS itu melalui satelit. “Tiang itu dilihat oleh satelit oleh BPKP. Kan hanya ada 985 itu pun semua yang dijadikan sampel tak ada, hanya barang-barang mati. Mangkrak dan belum ada barangnya,” ujar Mahfud saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/5) malam.

Lebih lanjut Mahfud menjelaskan, proyek pembangunan BTS 4G Kominfo dimulai sejak tahun 2020 lalu. Proyek ini memiliki rancangan anggaran sebesar Rp28 triliun yang akan dikeluarkan sampai 2024. Guna merealisasikannya, Mahfud mengatakan dana kemudian dicairkan Rp10 triliun, untuk proyek pembangunan tower BTS dengan target 1.200 tower, dalam jangka waktu 2020-2021. Akan tetapi, tower BTS 4G itu tak kunjung dibangun sampai akhir tahun 2021. “Lalu diperpanjang sampai Maret [2023],” kata Mahfud.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI