Nusantara Satu Info
Nasional PEMILU

Survei: KPK Masih Diandalkan Antisipasi Politik Uang Jelang Pemilu 2024

Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), Ali Ramadhan (Istimewa)
Bagikan :

NSI.com – HASIL survei nasional Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menyebutkan, kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih dapat diandalkan, untuk mengantisipasi praktik politik uang jelang (pada) Pemilu 2024. Survei yang digelar pada 17 Juli 2023-27 Juli 2023 dengan kluster responden dari kalangan kelas menengah intelektual, baru dirilis dan diluncurkan di Jakarta, Senin 31 Juli 2023.

Hasilnya, LPI memberikan skala (skor) 0.00 (0 persen) sampai 4.00 (4 persen) dan nilai yang tertinggi mendekati sempurna. LPI mengategorikan 6 indikator yaitu i) Integritas, ii) Kinerja, iii) Perilaku Anti Korupsi, iv) Persepsi Anti Korupsi, dan v) Kepercayaan Publik.

Teknik sampling yang digunakan pada survei ini adalah Purposive Sampling, di mana subjek yang diambil sebagai sampel adalah berdasarkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian, sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan-permasalaan dalam penelitian. Berdasarkan teknik sampling tersebut, jumlah sampel yang di peroleh sebanyak 800 responden. Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar 3.1 persen pada tingkat kepercayaan ± 95 persen.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI