Nusantara Satu Info
BALIKPAPAN IKN NUSANTARA Kaltim

Summarecon Kecipratan Proyek Bangun Apartemen di IKN Senilai Rp.9,4 T

foto ilustrasi Tower Summarecon Bekasi. foto istimewa.
Bagikan :

NSI.com, BALIKPAPAN – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) akan mengucurkan anggaran Rp9,4 triliun, untuk membangun 47 tower apartemen bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Kepala Satuan Tugas Pelaksanaan Infrastruktur IKN Danis Hidaya Sumadilaga mengatakan, tower tersebut akan dibangun pemerintah dengan menggunakan anggaran APBN.

Danis memaparkan, dari 47 apartemen tersebut, terdiri 9 tower untuk Paspampres, 7 tower untuk Polri dan BIN, serta 31 tower untuk ASN. Jadi, setiap apartemen yang dibangun akan memiliki ketinggian 12 lantai, masing-masing kamar memiliki luas 98 meter per segi.  “Sudah menyiapkan usulan pemerintah dari Menteri PUPR ke Kemenku belum dijawab surat November atau Desember mengajukan 47 tower senilai Rp9,4 triliun,” ujarnya di Balikpapan, Sabtu (14/1/2023).

Danis menambahkan selain dibangun dengan pemerintah, penyediaan hunian untuk ASN akan dibangun melalui kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Yakni kerjasama dengan PT Summarecon Agung Tbk sebanyak 6 tower atau sekitar 1.104 unit, PT Risjadson Brunsfield Nusantara – CCFG Corp (Konsorsium Nusantara) sebanyak 60 tower atau 4.000 unit, dan Korea Land and Housing Corporation (KLHC) sebanyak 23 tower. Adapun, skema KPBU yang digunakan dalam pembangunan hunian tersebut adalah build-operated-transfer (BOT). “Jadi yang dapat notice to preoceed tiga ini,satu lagi belum dari Truba,” jelasnya.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI