Nusantara Satu Info
Nasional

Soal Sistem Pemilu, Posisi KPU Pasif Tunggu Keputusan MK

Ketua KPU Hasyim Asy’ari, sebagai narasumber Talk Politic with Reinhard: Pemilu 2024 Tak Pilih Caleg Lagi? Digelar di Studio 6 Inewstv, pada Senin (2/1/2023). foto.kpu.go.id.
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA – Polemik terkait sistem pemilu terbuka dan tertutup yang yang mengemuka di masyarakat, lantaran adanya uji materi (judicial review) UU Pemilu yang saat ini tengah diajukan di Mahkamah Konstitusi (MK). Sebagaimana dilansir dari laman kpu.go.id, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam hal ini posisinya adalah sebagai penyelenggara pemilu, oleh karenanya KPU tak ingin terjebak dalam perdebatan, lantaran posisi KPU sebagai pelaksana Undang-undang (UU) dan tunduk pada aturan yang ada.

Hal tersebut dikemukakan Ketua KPU Hasyim Asy’ari, sebagai narasumber Talk Politic with Reinhard: Pemilu 2024 Tak Pilih Caleg Lagi? Digelar di Studio 6 Inewstv, pada Senin (2/1/2023). “KPU tidak dalam posisi setuju atau tidak setuju, karena sekali lagi KPU menurut UU Pemilu sebagai pelaksana pemilu, pelaksana UU pemilu, kalau UU Pemilu mengatur sistem yang dianut proporsional daftar calon terbuka ya kita kerjakan itu, kalau ada judicial review kemudian diubah ya kita ikuti itu, jadi KPU ini posisinya pasif sebagai pelaksana UU,” ucap Hasyim.

Related posts

Hubungi Redaksi NSI