Nusantara Satu Info
Kaltim

Sejarah TNI, Sebelumnya bernama BKR, TKR dan TRI

Bagikan :

NSI.com, HUT KE-77 TNI TAHUN 2022 – Setiap tanggal 5 Oktober, merupakan hari bersejarah bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang kemudian diperingati setiap tahunnya, sebagai Hari kelahiran atau sebagai Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang pada tahun 2022 ini merupakan HUT ke-77 TNI.

Adapun alasan mengapa TNI selalu diperingati setiap tangal 5 Oktober, dan bagaimana sejarah peringatan HUT TNI bermula? Akan kita ulas bersama yuk, untuk menambah wawasan kebangsaan kita. Dilansir dari situs resmi TNI https://tni.mil.id, pasukan bersenjata di Indonesia terus mengalami perkembangan hingga perubahan nama, sebagai berikut :

Sebelum namanya menjadi TNI, pasukan tersebut awalnya bernama Badan Kesatuan Rakyat (BKR) yang dibentuk pada 23 Agustus 1945. Kemudian, nama seiring perjalanan waktu BKR berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945, selanjutnya memperbaiki susunan yang sesuai dengan dasar militer internasional, nama TKR diubah lagi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI