Nusantara Satu Info
IKN NUSANTARA Nasional

Rencana di IKN akan Dibangun Kereta Api Tanpa Masinis

Kereta Ali tanpa Masinis akan dibangun di IKn Nusantara. foto ilustrasi istimewa.
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA –  Rencananya, di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur menghubungkan wilayah Balikpapan dan IKN, akan dibangun jalur kereta api. Hal tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, beberapa waktu lalu. Disebutkan Budi Karya, bahwa guna menghindari penumpukan prasarana atau redudansi, jalur kereta api juga tidak akan dibangun dari bandara melainkan dari Balikpapan ke IKN, lalu keluar sejajar dengan jalan tol.

“Mengingat nanti populasi di IKN itu cukup lumayan ya bisa sampai 2 juta, sehingga dari bandara, dari Balikpapan menuju IKN kita membuat juga jalan kereta api,” ujar Menhub Budi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/3/2023).

Lanjut ditambahkan Budi Karya, rencananya, kereta api IKN ini akan menggunakan roda karet, tanpa masinis atau automated guideway transit (AGT) seperti skytrain yang ada di Bandara Soekarno-Hatta. AGT ini sudah banyak digunakan di berbagai negara lain, bahkan ada yang kereta menggunakan rel virtual.  Untuk mengimplementasikannya dibutuhkan dana yang besar dan teknologi yang tinggi. “Kami sudah merencanakan (pembangunan kereta api di IKN) itu tidak harus selesai pada 2024,” kata dia.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI