Nusantara Satu Info
Daerah PEMERINTAHAN

Pemerintah Targetkan hingga 2025, Total 80 Juta Sertifikat Diterbitkan

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto saat diwawancarai awak media massa di Padang, Sumatera Barat, Selasa (20/6/2023). ANTARA/Muhammad Zulfikar/aa.
Bagikan :

NSI.com, PADANG – Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menargetkan 80 juta, bidang tanah di Indonesia sudah disertifikatkan di awal tahun 2025. “Pemerintah melalui program revolusioner yaitu Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), menargetkan 80 juta bidang tanah ini harus memiliki sertifikat di awal tahun 2025,” kata Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto di Padang, Sumbar,Selasa.

Menteri ATR/BPN lebih lanjut mengatakan, target tersebut tidak lepas dari kondisi tanah di Indonesia pada tahun 2017 yang baru 46 juta bidang tanah mengantongi sertifikat. Padahal, target nasional 126 juta bidang tanah. Lebih lanjut mantan Panglima TNI tersebut mengatakan, sebelum adanya perubahan di kementerian yang dipimpinnya, rata-rata per tahun hanya 500 ribu bidang tanah yang bisa diselesaikan atau sertifikat-nya diterbitkan. Artinya, apabila tidak menerapkan PTSL, maka warga yang ingin memperoleh sertifikat tanah harus menunggu sekitar 160 tahun.

Related posts

Hubungi Redaksi NSI