Nusantara Satu Info
IKN NUSANTARA OPINI

Pembangunan IKN, Tingkatkan Daya Saing dengan Negara Lain

Desain komputerisasi Istana Kepresidenan Indonesia di lokasi ibu kota baru, Kalimantan Timur. Desain Istana Kepresidenan untuk ibu kota negara baru tersebut telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo. Instagram/nyoman_nuarta.
Bagikan :

NSI.com – PEMBANGUNAN Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, dinilai akan mampu meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) masyarakat Tanah Air, dengan negara lain. Hal tersebut dikarenakan, terjadinya perubahan pola pikir, sehingga bukan hanya pembangunan secara fisik saja yang dilakukan. IKN merupakan wujud perubahan peradaban Indonesia dengan menghadirkan konsep pembangunan Indonesiasentris. Melalui pembangunan IKN, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan dan angka perekonomian daerah yang tinggi nantinya tidak lagi hanya terpusat di Pulau Jawa.

Selain itu, Presiden juga menegaskan bahwa pemindahan ibu kota ke Nusantara merupakan langkah Indonesia untuk membangun budaya kerja, pemikiran, dan basis ekonomi baru. Menurut Presiden, sebagai negara besar Indonesia harus berani memiliki agenda besar untuk melangkah demi kemajuan bangsa. Apabila Indonesia tidak segera melakukan pembenahan dan transformasi mulai dari sekarang, maka cita-cita untuk bisa menjadi negara maju pun akan menjadi lebih sulit terwujud. IKN adalah masa depan Indonesia yang mampu terwujud dengan adanya upaya bersama dari seluruh pihak, termasuk para investor. Untuk itu, pemerintah Indonesia membuka peluang bagi para investor untuk turut serta mewujudkan transformasi peradaban Indonesia.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI