Nusantara Satu Info
Daerah IKN NUSANTARA PENAJAM PASER UTARA

Pembangunan Embung Pertama di IKN Selesai Akhir Bulan Ini

Pembangunan Embung Mentawir di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.(Dok. Kementerian PUPR)
Bagikan :

NSI.com – KEMENTERIAN PUPR terus menggenjot pembangunan embung pertama, di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Mengutip informasi dari unggahan akun Instagram resmi Kementerian PUPR pada Rabu (11/01/2023), diketahui bahwa pembangunan Embung Mentawir ditargetkan selesai dibangun pada akhir Januari 2023.

Embung ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa, pembangunan IKN akan diawali dengan merehabilitasi hutan yang ada di sekitar kawasan, bertujuan untuk mengembalikan identitas Kalimantan sebagai hutan tropis. Oleh karenanya, pemerintah menyiapkan Pusat Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) untuk penghijauan kawasan IKN, nantinya akan memproduksi sekitar 15 juta-20 juta bibit pohon.

Untuk itu, Kementerian PUPR memberi dukungan dengan membangun Embung Mentawir sebagai prasarana air baku, untuk memenuhi kebutuhan air bagi bibit-bibit pohon tersebut. Pemanfaatan air baku ini bersumber dari embung dengan kapasitas tampung 160.000 m3 dan luas genangan 7,28 hektar.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI