Nusantara Satu Info
EKONOMI IKN NUSANTARA

OIKN Latih Ratusan Pelaku UMKM Agar ‘Naik Kelas’  

Bagikan :

NSI.com, JAKARTA – Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Alimuddin menilai pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapat mempermudah pembangunan IKN. Saat ini terdapat 350 UMKM yang dilatih pihak OIKN agar bisa naik kelas.

Disebutkan Alimuddin, para UMKM tersebut didampingi untuk mulai memasarkan produk ke pasar ritel, pembuatan NIB (nomor induk berusaha), hingga sertifikasi produk halal. “Sebagaimana cita-cita pembangunan IKN untuk mensejahterakan rakyat, khususnya di daerah. Ini sekaligus menjadi solusi konflik-konflik sosial dan program pemberdayaan masyarakat,” kata Alimuddin, Rabu (5/7/2023).

Lanjut dikatakannya, OIKN melatih UMKM, karena pemerintah menginginkan agar nantinya UMKM di IKN bisa berperan dalam rantai pasok industri, termasuk menjadi pilihan dalam belanja pemerintah. Musababnya, pembangunan IKN bukan hanya memprioritaskan pembangunan secara fisik. Tapi juga sumber daya manusia di wilayah proyek IKN, menjadi lebih penting.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI