Nusantara Satu Info
News PEMERINTAHAN

Menteri PAN-RB Tekankan Pentingnya Digitalisasi Arsip Negara

 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan Tahun 2023 bertajuk "Gerakan Kearsipan: Menuju Birokrasi Maju, Memori Kolektif Bangsa, dan Peradaban Unggul" yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional RI, di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (22/5/2023). ANTARA/Humas Kemenpan-RB
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas menekankan, kepada arsiparis mengenai pentingnya digitalisasi arsip negara, dalam penyusunan kebijakan-kebijakan publik di berbagai aspek kehidupan. “Sebagai ujung tonggak implementasi arsip di Indonesia, arsiparis perlu mengubah pola pikir, yang awalnya hanya berfokus pada pengelolaan arsip menjadi pemanfaatan arsip. Arsip yang terdokumentasikan secara digital, dapat dianalisis lebih lanjut untuk menjadi rekomendasi, berbagai penyusunan kebijakan publik dalam berbagai aspek,” ujar Anas, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (22/5/2023).

Selain berperan penting dalam penyusunan kebijakan publik, ia juga mengatakan, pengelolaan arsip yang baik, seperti melalui digitalisasi akan mendukung penerapan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, melalui ketersediaan informasi autentik yang dapat dimanfaatkan oleh publik secara transparan dan akuntabel. Hal tersebut dia sampaikan, saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan Tahun 2023 bertajuk “Gerakan Kearsipan: Menuju Birokrasi Maju, Memori Kolektif Bangsa, dan Peradaban Unggul” yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional RI, di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin.

Related posts

Hubungi Redaksi NSI