Nusantara Satu Info
IKN NUSANTARA PEMILU

Mendagri: Pemilu 2024 di IKN tak Ada Perubahan

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Mendagri Tito Karnavian sebut Pemilu 2024 di IKN tidak ada perubahan. Foto: Republika/Prayogi
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024, di wilayah yang masuk dalam ibu kota negara (IKN) Nusantara tak ada perubahan. Hal tersebut diungkapnya dalam rapat kerja pembahasan rancangan undang-undang (RUU), tentang penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pemilu menjadi undang-undang.

Poin terkait Pemilu 2024 di IKN Nusantara diatur dalam Pasal 568a Perppu Pemilu. Isinya tak ada perubahan dalam pemilihan presiden (Pilpres), pemilihan legislatif (Pileg) DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. “Wilayah Provinsi Kalimantan Timur yang masuk dalam wilayahIKN sebagaimana dimaksud dalam UU 3 Tahun 2022, tentang IKN ditetapkan pada 15 Februari 2022, tetap berpedoman pada ketentuan dalam UU Pemilu,” ujar Tito dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR, Rabu (15/3/2023).

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI