Nusantara Satu Info
HUKUM Nasional

Mantan Jubir KPK Dukung Penguatan Lembaga Ombudsman RI

Anggota Badan Legislatif (Baleg) DPR RI Johan Budi dalam rapat Pleno Baleg DPR RI dengan Ketua Ombudsman RI Mokhamad Najih di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (30/5/2023). Foto : Eno/Man
Bagikan :

NSI.com – MANTAN juru bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi, yang kini duduk sebagai anggota Badan Legislatif (Baleg) DPR RI, mendorong penguatan lembaga Ombudsman RI, melalui Revisi UU, nomor 37/2008 tentang Ombudsman RI.  Meskipun setuju memperkuat Ombudsman RI, namun disisi lain, Johan menilai ruang lingkup kerja lembaga ini sebaiknya diperkecil. Hal tersebut diungkapkan Johan Budi, sebagaimana dilansir dari laman dpr.go.id, bahwa Ombudsman RI merupakan lembaga negara yang mempunyai kewenangan, untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan.

Dengan begitu, sambung Johan, output kerja dari Ombudsman RI kerap kali beririsan dengan banyak lembaga. Oleh karenanya, tidak semua tugas pencegahan dilakukan Ombudsman RI. Johan juga menyoroti anggaran Ombudsman yang terbatas, sehingga dinilai membuat kinerja pencegahannya tidak maksimal. “Saya setuju lembaga ini diperkuat tetapi, ruang lingkup pekerjaannya itu dipersempit. Jangan semua diambil oleh Ombudsman, sampai masukan pejabat publik dan sebagainya. Misalnya memberi panduan bagaimana sebuah lembaga good governance tidak maladministrasi, padahal ini juga dilakukan oleh  KPK melalui kajian sistem, Kejaksaan dalam konteks pencegahan. Sementara kapasitas lembaga Ombudsman sangat kecil sekali dari segi anggaran,” ungkap Johan dalam rapat Pleno Baleg DPR RI dengan Ketua Ombudsman RI Mokhamad Najih di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI