Nusantara Satu Info
Nasional PEMILU POLITIK

KPU, Bawaslu, DKPP Mendadak Rapat Bahas Kuota Caleg Perempuan

Dukungan untuk caleg perempuan. Kuota caleg perempuan saat ini tengah jadi polemik menyusul aturan di PKPU 10/2023. (ilustrasi)
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA – Pimpinan 3 lembaga penyelenggara pemilu yakni KPU RI, Bawaslu RI, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada Selasa (9/5) malam menggelar rapat dadakan, yang mereka sebut forum tripartit, guna membahas polemik terkait potensi berkurangnya calon anggota legislatif (caleg) perempuan, sebagai imbas dari peraturan KPU Nomor 10 tahun 2023, tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito mengatakan, rapat itu akan digelar di kantor DKPP, Jakarta, pada pukul 19.00 WIB. “Diharapkan ketua dan anggota KPU hadir,” ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Rencananya, sambung Lugito, digelarnya rapat tripartit ini terbilang dadakan, karena baru kemarin pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dan Ketua DKPP mewacanakannya. Keinginan menggelar rapat 3 pihak ini muncul usai Koalisi Masyarakat Peduli Keterwakilan Perempuan, menemui pimpinan Bawaslu RI dan menyampaikan ultimatum pada Senin siang.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI