Nusantara Satu Info
PEMERINTAHAN PEMILU

Komisi ASN Waswas di Pemilu 2024 Terjadi Kobilisasi Pegawai

Ketua KASN Agus Pramusinto. Ketua KASN khawatir ada mobilisasi ASN karena capres tak perlu mundur dari jabatannya. Foto: KASN
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA –  Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) merespons putusan Mahkamah Konstitusi (MK), yang memperbolehkan menteri maju sebagai calon presiden (Capres), tanpa perlu mundur dari jabatannya. Maka hal yang dikhawatirkan terjadi, menteri yang nyapres itu berpotensi memobilisasi ASN kementeriannya untuk memberikan dukungan. “Saya kira pelanggaran (netralitas) ASN bisa terjadi di daerah maupun di pusat. Kemarin tahun 2021 atau 2022 di pusat ada pelanggaran ASN di level kementerian,” kata Ketua KASN Agus Pramusinto, saat konferensi pers di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Lebih lanjut Agus menyatakan, ASN kementerian yang tidak netral saat Pemilu 2024 demi mendukung menteri yang nyapres, tentu akan dijatuhi sanksi. Adapun menteri yang memobilisasi ASN akan diadukan ke Presiden Jokowi. “Untuk menteri yang berasal dari partai ya kami melaporkannya kepada Presiden, karena presiden yang mengangkat menteri. Kita serahkan kepada Presiden untuk mengambil tindakan,” ujarnya.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI