Nusantara Satu Info
Nasional PEMILU POLITIK

Ketua KPU Bantah Tudingan Istana Ikut Loloskan Partai Tertentu

Ketua KPU Hasyim Asy'ari membantah isu bahwa Istana terlibat meloloskan partai politik tertentu ikut Pemilu 2024. (ilustrasi). Foto: Republika/Prayogi.
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari dengan tegas membantah tudingan bahwa, Istana Kepresidenan terlibat dalam proses verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2024, untuk meloloskan partai tertentu. “Tidak benar (ada arahan dari Istana). KPU kan katanya mandiri. Jadi tidak ada,” kata Hasyim kepada wartawan di Jakarta Pusat, Selasa (18/1/2023).

Jawaban Hasyim tersebut, kemudian disampaikannya lagi pada Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI digelar pada Rabu (11/1/2023) malam. Hasyim menegaskan bahwa dirinya tidak mungkin mengintimidasi anggota KPU Daerah, demi meloloskan partai tertentu, karena semua anggota KPU sudah bak sebuah keluarga. “Kalaupun ada arahan atau perintah tentu tidak dalam konteks melanggar aturan atau SOP,” tegas Hasyim.

Dugaan kecurangan KPU yang melibatkan Istana ini muncul, saat Koalisi Kawal Pemilu Bersih menyampaikan temuan mereka yang disampaikan kepada Komisi II DPR pada Rabu (11/1/2023) pagi. Koalisi yang diwakili mantan Komisioner KPU RI Hadar Nafis Gumay ini, menyerahkan 4 bukti dugaan kecurangan KPU untuk meloloskan partai tertentu.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI