Nusantara Satu Info
IKN NUSANTARA Serba Serbi

IKN Nusantara Didesain Berarsitek Biomimikri

Foto Ilustrasi kawasan inti pusat pemerintahan di IKN Nusantara. foto dok ikn.go.id.
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA – Pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mengusung konsep Future Smart Forest City. Di mana bangunan-bangunan yang ada di sana nantinya, akan menggunakan desain arsitektur biomimikri, yang merupakan konsep arsitektur bangunan dibuat selaras dan menyatu dengan alam menggunakan cara kerja hutan tropis. Seperti apa konsep biomimikri tersebut?

Melalui akun Instagram resmi Kementerian PUPR, Minggu (2/4/2023), diperlihatkan ilustrasi konsep biomimikri yang akan diterapkan di IKN Nusantara, akan dibuat menyerupai struktur hutan tropis. Adapun di bagian lantai atas seperti emergen atau lapisan paling atas di hutan tropis, zona kepadatan dan keberagaman tinggi.

Lalu bagian kanopi lantai bawah yang permukaan atapnya ditutupi dengan vegetasi, sama seperti lapisan kanopi hutan tropis yang tumbuhannya saling tumpang tindih. Serra daunnya menempel pada batang pohon yang tinggi. Lantai bawah sebagai lapisan bawah kanopi yang menghubungkan antar bangunan. Untuk lantai dasar seperti lapisan lantai hutan yang teduh dan berpori, dan akar penopang sebagai infrastruktur yang efisien.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI