Nusantara Satu Info
IKN NUSANTARA Nasional

IKN Bakal Punya Ikon Monumental Seperti Monas

Deputi Bidang Sosial dan Kebudayaan Otorita IKN, Alimuddin. foto istimewa.
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA – Keberadaan ikon monumental sekaligus destinasi wisata masyarakat di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, berperan penting untuk meningkatkan daya tarik wisatawan. Jika di DKI Jakarta memiliki Monumen Nasional (Monas) yang menjadi ikon destinasi bagi wisatawan, lantas apa yang akan menjadi simbol di IKN?

Deputi Bidang Sosial dan Kebudayaan Otorita IKN, Alimuddin, mengatakan saat ini yang menjadi top of mind dan ramai dikunjungi turis di IKN adalah Titik Nol Nusantara. “Titik Nol Nusantara itu memiliki nilai sejarah, bagaimana 34 Gubernur menyatukan air nusantara kemudian masing-masing Gubernur menyatukan tanahnya menjadi tanah nusantara dan membawa pohon-pohon asli dari daerah masing-masing,” kata Alimuddin dalam agenda The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (31/7/2023).

Tidak hanya itu, Otorita IKN juga memastikan seiring dengan pembangunan infrastruktur dasar di IKN saat ini akan ada banyak proyek monumental yang akan menjadi ciri khas IKN. Alimuddin menyebutkan proyek monumental seperti Istana Kepresidenan dengan desain yang unik akan dikenang para pendatang. Lalu, ada sumbu kebangsaan IKN yang ditargetkan akan rampung pada Desember 2023. “Istana Presiden yang hari ini sudah 35 persen kurang lebih progres fisik pembangunannya dan itu dengan [gedung] kemenko-kemenko yang lain, seharusnya itu akan menajadi daya tarik tersendiri,” ujarnya.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI