Nusantara Satu Info
Daerah IKN NUSANTARA

IKN Akan Miliki Mobil Terbang, Beroperasi Mulai 2024

Ilustrasi ibu kota baru Badan Otorita Ibu Kota Negara berencana akan mengusung konsep teknologi canggih di IKN Nusantara. Salah satunya dengan meluncurkan mobil terbang atau yang disebut drone penumpang untuk transportasi umum di IKN. foto istimewa.
Bagikan :

NSI.com – DEPUTI Bidang Transportasi Hijau dan Digital Otorita IKN Ali Berawi mengatakan, pada tahun 2024 mendatang, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan meluncurkan mobil terbang atau drone penumpang,  memiliki kapasitas untuk 4 penumpang dengan 1 pilot. Drone tersebut, mampu menempuh jarak terbang  idealnya mencapai 40-50 km, dan kecepatan rata-ratanya bisa mencapai 200 km per jam.  “Jadi drone penumpang yang sedang didiskusikan oleh temen-teman Hyundai dengan kita. Targetnya bisa berfungsi pada 2024 mendatang,” ujar Ali saat ditemui di acara Smartcity, Jakarta, Rabu (24/5).

Lebih lanjut Ali menilai, adanya drone penumpang sangat perlu , agar IKN bisa terbebas dari polusi udara. Pasalnya, IKN mengusung prinsip bisa menjadi kota yang smart, inklusif, resilience, green, dan sustainable. Dikatakan Ali, diperkirakan tarif drone tersebut akan setara taksi premium bandara.  Namun, dia tidak menyebutkan secara gamblang berapa besaran dari tarif mobil terbang tersebut. Sedangkan harga produksi mobil terbang tersebut tidak semahal helikopter. Dengan begitu, mobil terbang itu sangat layak dikembangkan sebagai transportasi umum di Indonesia.  “Jadi dari pulau ke pulau tidak perlu lagi pakai helikopter atau pesawat. Cukup pakai drone penumpang atau mobil terbang,” kata Ali.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI