Nusantara Satu Info
Daerah KOMUNITAS Serba Serbi

HPN 2023: Sejarah Hari Pers, Logo dan Temanya

Papan pameran berisi informasi mengenai Pers terpampang pada pameran Tokoh Pers di Balik Sumpah Pemuda, di M Bloc Space, Jakarta, Kamis, 28 Oktober 2021. Pameran tersebut diadakan oleh Museum Sumpah Pemuda bersama Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. TEMPO/Daniel Christian D.E
Bagikan :

NSI.com – SETIAP datangnya tanggal 9 Februari selalu diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN), dan pada tahun 2023 yang bertepatan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI, perayaannya dipusatkan di Medan, Sumatera Utara. Melansir laman Pusat Informasi Hari Pers Nasional 2023, disebutkan bahwa kegiatan Hari Pers Nasional akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti workshop, seminar, dan berbagai acara dialog.

Dalam laman itu juga dikupas terkait sejarah penetapan Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari,  dimana penetapannya tidak terlepas dari berdirinya organisasi bagi insan pers yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 9 Februari 1946. Dalam Kongres PWI ke-28 di Padang, Hari Pers Nasional menjadi salah satu topik pembahasan. Topik tersebut dicetuskan oleh banyak tokoh pers nasional, dengan tujuan adanya Hari Pers Nasional sebagai salah satu pengingat, akan kehadiran dan peran pers nasional.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI