Nusantara Satu Info
Serba Serbi

Gempa Tapanuli Utara Rusak Ribuan Rumah dan Tempat Ibadah di 9 Kecamatan

Kondisi salah satu gapura yang rusak di Kecamatan Simangumban, menyusul gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut. foto antara.news.
Bagikan :

NSI.com, MEDAN – Gempa bumi berkekuatan 5,8 Skala Richter yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, pada Sabtu (1/10) lalu, mengakibatkan ribuan rumah penduduk termasuk fasilitas lainnya di 9 kecamatan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), gempa tersebut mengakibatkan 1.316 rumah warga dan tempat ibadah, sekolah serta kantor pemerintah rusak.

Kerusakan terparah dan terbesar akibat gempa bumi di episentrum koordinat 2,11 derajat Lintang Utara ; 98,83 derajat Bujur Timur pada kedalaman 10 kilometer tersebut berada di Ibu Kota Tapanuli Utara, yakni Kecamatan Tarutung, sebanyak 475 rumah warga, 13 unit tempat ibadah, 15 ruas jalan, 8 sekolah, 5 kantor pemerintah dan 5 saluran irigasi mengalami kerusakan.

Selain di Kecamatan Tarutung, 8 kecamatan lainnya yang terkena gempa diantaranya Sipoholon, Siatasbarita, Parmomangan, Pagaran, Pahae Jae, Pahae, Julu, Siborongborong, dan Sipahutar. “Di Kecamatan Parmonangan ada 313 rumah rusak, namun detail kerusakannya sedang disurvei tim.” kata Kepala BPBD Tapanuli Utara Bonggas Pasaribu, Minggu (2/10).

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI