Nusantara Satu Info
Nasional PEMERINTAHAN

DPR: Pencopotan Kepala BRIN Langkah Penyelamatan Lembaga

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko. Anggota Komisi VII DPR sebut pencopotan Kepala BRIN jadi langkah penyelematan. Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR RI dari PKB, Syaikhul Islam Ali, mendukung rekomendasi pencopotan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko dan akan digantikan oleh orang yang dinilai akan mampu menyelamatkan BRIN. Apalagi, BRIN merupakan lembaga yang digadang-gadang sebagai pusat lahirnya berbagai inovasi dan pengembangan teknologi di Tanah Air. Namun selama hampir 2 tahun berjalan, belum ada kemajuan signifikan soal konsolidasi kelembagaan dan kebijakan BRIN. “Yang ada malah kontroversi dan ketidakprofesionalan dari para pejabat BRIN,” kata Syaikhul, Kamis (2/2/2023).

Setelah rapat kerja bersama Kepala BRIN, Komisi VII DPR RI memberikan 2 rekomendasi, meliputi pencopotan Laksana Tri Handoko dan mengundang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit khusus terhadap anggaran BRIN 2022. Lebih lanjut Syaikhul mengingatkan, sebagai lembaga baru, BRIN seharusnya fokus kepada program konsolidasi kelembagaan. Apalagi, BRIN merupakan lembaga yang terbentuk atas berbagai entitas riset dan inovasi yang jumlahnya belasan sampai puluhan.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI