Nusantara Satu Info
TRAVELING

Dorong Destinasi Pariwisata Berkelanjutan, Presiden Minta Borobudur Dikelola Entitas Tunggal

Presiden Jokowi memimpin ratas mengenai penataan Candi Borobudur, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/06/2023). (Foto: Humas Setkab/Agung) 
Bagikan :

NSI.com – PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas (ratas), guna membahas penataan Candi Borobudur, yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/06/2023). Dalam arahannya, Presiden meminta agar salah satu destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) itu dikelola oleh entitas tunggal. “Bapak Presiden memberikan arahan untuk menyiapkan segera Perpres, yang akan menentukan single destination management organization atau entitas tunggal, untuk pengelolaan kawasan pariwisata Borobudur,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, sebagaimana dilansir dari laman setkab.go.id.

Selain itu, Presiden juga memberikan arahan untuk melakukan percepatan penyelesaian dokumen heritage impact assessments, dalam pengelolaan kawasan wisata Borobudur yang telah diajukan pada awal Maret tahun ini, agar mendapatkan persetujuan dari UNESCO. “Ini harus dilakukan dengan penuh kesungguh-sungguhan, karena kita ingin membangun pariwisata di Borobudur yang beraspek budaya, konservasi, dan juga memberikan dampak positif yang berkualitas dan berkelanjutan,” kata Menparekraf.

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI