Nusantara Satu Info
Daerah IKN NUSANTARA

Dankormar Dampingi KSAL Tinjau Lokasi Pembangunan Mabesal di IKN

KSAL Laksamana Muhammad Ali meninjau lokasi lahan TNI AL di IKN Nusantara. (Foto: Dok. Dispen Kormar)
Bagikan :

NSI.com – KEPALA Sfaf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen (Mar) Nur Alamsyah, pada Selasa (22/8/2023) mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Provinsi Kalimantan Timur. Mengutip keterangan Dispen Kormar, Rabu (23/8), Ali beserta rombongan meninjau lokasi lahan yang akan digunakan, untuk pembangunan gedung Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal).

Sebelumnya, saat Panglima TNI Laksamana Yudo Margono masih menjabat KSAL, ia mengungkakapkan TNI AL berencana membuat 2 komando daerah maritim (Kodamar) di wilayah barat dan timur IKN Nusantara. Kodamar tersebut akan dibangun di Pontianak serta di timur, yakni Tarakan dan Balikpapan.

(Foto: Dok. Dispen Kormar)

TNI AL juga mendukung pertahanan IKN dengan dua segmen. Pertama, pemindahan Mabesal sesuai dengan Markas Besar TNI yang sudah disiapkan lahannya. Kedua adalah segmen untuk pertahanan matra laut, yakni melalui Lanal Balikpapan, Kodamar Samboja, dan Kodamar di Tarakan. “Kerawanan yang mungkin terjadi adanya rudal dari laut ke permukaan, yang kedua adalah penguasaan melalui laut dan pantai, sehingga di sini perlu pertahanan pantai yang kuat,” ujar Yudo pada November 2022 lalu.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI