Nusantara Satu Info
BALIKPAPAN IKN NUSANTARA Kaltim

Cendekiawan Dayak: IKN Bentuk Pemerataan Pembangunan dan Indonesia Centris

Petugas polisi berjaga di proyek IKN di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.foto istimewa.
Bagikan :

NSI.com, BALIKPAPAN – Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur, akan mendorong lebih terbukanya isolasi dan mempercepat pembangunan, hingga ke pelosok dan pedalaman terpencil, khususnya di Kaltim. “Bagi kami ini upaya pemerintah distribusikan pembangunan,” kata Ketua Ikatan Cendekiawan Dayak Nasional (ICDN) Kalimantan Timur Frederik Bid, pasa Senin (2/1/2023).

Disebutkan Bid, IKN sudah terbukti ddapat mempercepat pembangunan infrastruktur di Kalimantan Timur, dan secara bertahap juga meningkatkan kualitasnya. Ia pun yakin kelak jalan dan jembatan, sarana transportasi darat hingga ke pedalaman nan jauh, akan lebih cepat lagi dibangun dan diadakan.

Lanjut dikatakan Bid, di Kalimantan Timur masih ada Kabupaten Mahakam Ulu wilayahnya tertinggal, karena persoalan aksesbilitasnya yang hanya bisa dicapai lewat Sungai Mahakam dalam perjalanan berjam-jam. Linggang Bigung, ibukota kabupaten, jauhnya 4 jam dari Pelabuhan Tering di Melak, Kutai Barat, sementara Melak sendiri jaraknya bisa mencapai 12 jam perjalanan bermobil dari Balikpapan dengan beragam kondisi jalan.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI