Nusantara Satu Info
IKN NUSANTARA SAMARINDA

BPBD Kaltim Antisipasi Bencana di IKN Nusantara

Kepala Kepala BPBD Kaltim, H M Agus Hari Kesuma. Foto: Istimewa.
Bagikan :

NSI.com, SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Leading Sector salah satunya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, kini telah memersiapkan dan mengantisapasi jika terjadi bencana di Ibu Kota Negara/ IKN.

Menurut Kepala Kepala BPBD Kaltim, H M Agus Hari Kesuma, untuk masalah bencana, pihaknya mempercayai hasil kajian dari Bapennas. Koordinasi antara BPBD dan Bapennas dalam penanggulangan bencana sudah berjalan baik. “Kami sudah melakukan kajian dan antisipasi terkait dengan langkah penanganan, jika terjadi banjir di sekitar wilayah IKN,” jelas Agus pada Rabu (8/2).

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di IKN, sambung mantan Kadis Sosial Kaltim ini, pihaknya yakni BPBD telah melakukan penelitian dan pengkajian serta pelatihan tentang risiko-risiko untuk menghadapi bencana jika terjadi di IKN, seperti bencana longsor dan banjir. Oleh karenanya, Agus memastikan, bencana  longsor di IKN kemungkinannya sangat kecil terjadi, karena berdasarkan hasil kajian dalam dokumen risiko penanggulangan bencana dari semua Kabupaten/Kota di Kaltim, ternyata yang sangat rawan terjadinya bencana longsor hanya Kukar. Seperti banjir, longsor dan kebakaran hutan di wilayah Jonggon, Muara Muntai, dan Muara Kaman.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI