Nusantara Satu Info
Daerah IKN NUSANTARA

Bendungan Sepaku Semoi, Disiapkan Jadi Kawasan Wisata

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sungai Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.(Dok. Kementerian PUPR)
Bagikan :

NSI.com, PENAJAM — Bendungan Sepaku Semoi yang merupakan salah satu infrastruktur pendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, bakal dilengkapi untuk menjadi kawasan wisata yang terbuka untuk umum. Diketahui, pembangunan Bendungan untuk mencukupi kebutuhan air bersih, sekaligus  sebagai pengendali banjir di IKN, progresnya kini telah mencapai 92,7 persen. Dan ditargetkan pengisian air di Bendungan Sepaku Semoi akan dilakukan pada Agustus mendatang dan akan diresmikan pada Oktober 2023.

“Saat ini pengerjaannya yang masih tersisa terus dilakukan,” ujar Kepala Satuan Tugas Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi Badan Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Zulaidi.

Bendungan Sepaku Semoi sambungnya, dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, yakni Kecamatan Sepaku, tersebut terkendala cuaca ekstrem. “Hujan, kalau pagi kabut tebal, serta perubahan iklim membuat air tinggi sehingga pengerjaan penimbunan tidak bisa maksimal,” ungkapnya.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI