Nusantara Satu Info
HUKUM PEMILU POLITIK

Bawaslu Kaji Pengawasan Kampanye di Medsos

Staf Tenaga Ahli Bawaslu Bachtiar Baetal (kiri) saat menjadi pembicara dalam diskusi Publik Politik di Media Center Bawaslu, Jakarta, Senin (20/2/2023). (ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom)
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA – Staf Tenaga Ahli Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Bachtiar Baetal mengatakan, lembaganya saat ini sedang mengkaji secara rutin terkait pengawasan kampanye Pemilu 2024 di media sosial (medsos). “Kami juga sedang melakukan kajian secara rutin terkait medsos, karena regulasi yang mengatur medsos itu sangat kecil, bahkan hampir tidak ada. Sementara itu, konsep kampanye terus mengalami pergerakan, seperti mulai menggunakan media sosial,” kata Bachtiar dalam diskusi bertajuk “Apa Kata Rakyat tentang Kampanye dan Dana Kampanye di Pemilu 2024” di Media Center Bawaslu RI, Jakarta, Senin (20/2).

Lebih lanjut dikatakan Bachtiar, untuk menanggapi saran dari Direktur Eksekutif Kata Rakyat Alwan Ola Riantoby yang disampaikan dalam diskusi, agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Bawaslu RI mengatur ketentuan kampanye di media sosial, salah satunya di TikTok, karena platform tersebut menjadi salah satu sarana efektif dalam kampanye. “Fakta tren media sosial hari ini paling efektif adalah TikTok. Ke depan, semua orang pasti akan kampanye di TikTok dan TikTok tidak diatur di PKPU sebagai salah satu media yang diperbolehkan kampanye. Pertanyaannya, kalau tidak diatur di PKPU, maka bisa saja kan tidak boleh?” kata Alwan.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI