Nusantara Satu Info
INTERNASIONAL News

4 Poin Pembahasan Pertemuan Jokowi dengan Presiden Francis Macron

Presiden Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, Minggu (21/05/2023). (Foto: BPMI Setpres)
Bagikan :

NSI.com – PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, berlangsung di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, pada Minggu (21/05/2023). Dalam pertemuan tersebut, sedikitnya ada 4 hal yang dibahas, mulai dari keanggotaan Indonesia di Financial Action Task Force (FATF) hingga soal pertahanan. Sebagaimana dilansir dari laman setkab.go.id, 4 hal yang dibahas oleh kedua kepala negera tersebut, “Pertama, keanggotaan Indonesia di FATF, saya harap dukungan Prancis agar Indonesia diterima sebagai anggota FATF. Indonesia satu-satunya negara G20 yang belum menjadi anggota FATF,” ujar Presiden Jokowi.

Kedua, Presiden meminta dukungan Presiden Macron agar Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUE-CEPA) dapat segera selesai pada tahun depan. Ketiga, kedua pemimpin turut membahas investasi sektor strategis. Presiden Jokowi menyambut baik keikutsertaan perusahaan Prancis di proyek hilirisasi Indonesia, dan bantuan Prancis melalui The Agence Française de Développement (AFD) sebesar 500 juta Euro dan Just Energy Transition Partnership.

Related posts

Hubungi Redaksi NSI