Nusantara Satu Info
Daerah IKN NUSANTARA

250 Anggota BSSN Akan Ditempatkan di IKN, Untuk Tangani Keamanan Siber

Foto: Peninjauan lapangan Kepala BSSN dan jajarannya, serta Kepala LKPP ke lokasi Istana Negara di IKN. (Niken/detikcom)
Bagikan :

NSI.com, PENAJAM – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), pada tahun 2024 mendatang akan menempatkan 250 anggotanya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, guna melakukan pengamanan siber. Hal ini untuk mewujudkan misi IKN sebagai smart city atau kota pintar.
“Tentunya seperti yang kita ketahui, IKN ini didesain sebagai smart city ya. Artinya, padat dengan teknologi digital, maka dalam pikiran (hal) seperti itu keamanannya harus kita jaga,” ucap Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, saat mengunjungi lokasi pembangunan IKN, Selasa (8/8/2023).

Lanjut dikatakan Hinsa, peran BSSN dalam pembangunan IKN adalah untuk mewujudkan keamanan dalam hal digital dan elektronik, yang juga sudah termasuk dalam perencanaan pembangunan ibu kota baru yang mengedepankan teknologi. Maka dari itu sumber daya manusia (SDM), menjadi salah satu aspek yang perlu disiapkan. “Tentu, keamanan ini sejak perencanaan harus sudah dihitung. Kemudian, kita menyiapkan nantinya sumber daya manusianya (SDM) dan mengamankan sistem yang digunakan di IKN ini. Itu sebenarnya tugas dan fungsi dari BSSN dan kenapa BSSN sejak awal terlibat dalam hal ini dengan ditandai tadi penandatangan MoU,” terangnya.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI