Nusantara Satu Info
IKN NUSANTARA Nasional

2024 Pindah ke IKN, Dimungkinkan ASN  Kerja WFA

ILUSTRASI. Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, ada kemungkinan aparatur sipil negara (ASN) akan bekerja di mana saja (work from anywhere/WFA).
Bagikan :

NSI.com, JAKARTA. Ada kemungkinan aparatur sipil negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dapat bekerja di mana saja (work from anywhere/WFA). Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa, penerapan WFA ini diperkirakan akan terlaksana saat pemindahan ASN ke IKN pada 2024. “Nanti waktu (pemindahan ASN) ke IKN bersamaan nantinya,” ucapnya ketika ditemui di Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Namun, untuk skema penerapannya, lanjut Anas, masih dalam pembahasan antar kementerian dan lembaga terkait, termasuk melibatkan Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Itu lagi dipikirkan (ASN bisa bekerja di mana saja). Soal kerja di mana saja sedang dirancang,” katanya.

Mantan Kepala LKPP ini sebelumnya menyebut bahwa pada tahun depan, sebanyak 16.990 pegawai pemerintahan terdiri dari ASN, TNI, dan Polri akan dimutasi terlebih dahulu untuk tahap pertama. Anas pun merinci, sebanyak 11.274 ASN dari 35 kementerian dan lembaga yang akan pindah, TNI dan Polri sebanyak 5.716. Kemudian, Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya sebanyak 193 pegawai, sedangkan PPT Pratama sebanyak 964 pegawai. Sementara untuk pejabat fungsional yang dipindahkan sebanyak 8.091 orang, dan jabatan pelaksana ada 2.026 orang.

Related posts

CorsicanDutchEnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianKoreanRussianSpanishThai
Hubungi Redaksi NSI